Hasil Piala Eropa 2021 : Matador ke Semifinal Euro 2020 melalui Adu Penalti

0
264

Ragasportnews.comTimnas Spanyol harus melalui usaha berat menuju semifinal Piala Eropa 2020. Ini sehabis La Furia Roja mengalahkan Swiss lewat adu penalti 3-1.

Pada pertandingan di Kretovsky stadium, Jumat (2/7/2021) dini hari WIB, Spanyol unggul cepat pada menit kedelapan lewat bunuh diri Denis Zakaria. Tapi, sehabis itu Spanyol kesulitan membentuk gol meski tampil dominan.

Baca juga : Perempat Final EURO 2020 : Laga Hidup Mati Timnas Italia

Swiss yang lebih agresif pada babak ke 2 malah mampu menyamakan skor lewat Xherdan Shaqiri pada menit ke-72. Swiss harus kehilangan Remo Freuler yang menerima kartu merah.

Tapi, Swiss mampu mempertahankan skor 1-1 sampai 120 menit laga tuntas. Sayangnya, Swiss kalah adu penalti dan Spanyol menunggu Belgia atau Italia pada semifinal Euro 2020 6 Juli pada Wembley.

Pertandingan Swiss vs Spanyol

Timnas Swiss langsung meladeni Spanyol sedari menit pertama dan coba menaruh kejutan. Melalui serangan dari sayap, Swiss memaksimalkan celah pada pertahanan Spanyol yang memainkan high defense line.

Tapi, Spanyol justru unggul duluan pada menit kedelapan, Dari korner Koke, bola gagal digapai Aymeric Laporte dan jatuh di kaki Jordi Alba. Saat di depan kotak penalti, Alba menembak bola dan mengenai badan Denis Zakaria, sebelum mengecoh Yann Sommer.

Tapi, tidak ada satu peluang yang memang membahayakan gawang Unai Simon. Hingga turun minum, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Spanyol.

Masuk pada babak ke 2, Spanyol masih mendominasi akan tetapi lagi-lagi mereka kesulitan untuk membentuk peluang bersih. Walaupun sudah memainkan Dani Olmo dan Gerard Moreno demi menyegarkan lini serang, Spanyol malah buntu saat memasuki sepertiga akhir permainan.

Di saat Swiss sedang bersemangat setelah menyamakan skor 1-1, mereka malah kehilangan Freuler yang dikartu merah lantaran melakukan tekel 2 kaki ke Gerard Moreno pada menit ke-77.

Spanyol tidak bisa memaksimalkan keunggulan jumlah pemain pada sisa waktu normal dan harus memainkan lagi babak extra time 2×15 menit. Skor 1-1 bertahan.

Di babak pertama perpanjangan waktu, Spanyol langsung menggebrak. Pada menit ke-91, mereka menyerbu lewat Alba pada sisi kiri dan diakhiri dengan umpan tarik ke tiang dekat. Sayangnya sontekan Moreno masih melebar.

Spanyol terus menekan pertahanan Swiss untuk mencari gol, akan tetapi Sommer bermain cemerlang. Pada menit ke-101, Sommer menepis tendangan Moreno dari jarak dekat meneruskan umpan lambung Sergio Busquets.

Di menit ke-112, Dani Olmo mendapat ruang tembak pada depan gawang, akan tetapi bola masih melayang pada atas mistar. Spanyol benar -benar kesulitan mencari gol ke 2 sampai 120 menit laga berakhir dan adu penalti harus dilakukan.

Sergio Busquets menjadi eksekutor penalti pertama Spanyol gagal lantaran bola menerpa tiang. Pemain Mario Gavranovic membawa Swiss unggul setelah menaklukkan Unai Simon.

Spanyol akhirnya melaju ke semifinal setelah tendangan Oyarzabal mengecoh Sommer dan menciptakan skor 3-1 pada adu penalti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here