Kunci Pemain Timnas Jerman di Euro 2020, Ada Sang Penafsir Ruang

0
250
Thomas Mueller
sumber foto : supersport.com

Ragasportnews.com – Saat ini Tim nasional Jerman berhasil melaju ke 16 besar Piala Eropa atau Euro 2020. Der Panzer, julukan timnas Jerman, lolos ke 16 besar Euro 2020 menjadi runner-up Grup F.

Jerman lolos bersama 2 tim lain, yakni Perancis selaku juara Grup F dan Portugal yang melaju via jalur peringkat ketiga terbaik.

Pada 16 besar Euro 2020, Jerman akan menghadapi juara Grup D, Inggris, pada Stadion Wembley, London, Selasa (29/6/2021) malam WIB.

Berdasarkan data Opta Joe, ini akan sebagai pertemuan kedelapan antara Jerman dan Inggris di 2 turnamen besar, Piala Dunia dan Euro.

Bagi Inggris, Jerman merupakan negara yang paling sering mereka hadapi pada ke 2 turnamen tadi Inggris kali terakhir mengalahkan Jerman pada fase gugur turnamen besar pada Piala Dunia 1966.

Setelah itu, Inggris selalu gagal menyingkirkan Jerman. Kemudian yang terakhir mereka justru disingkirkan Der Panzer pada 16 besar Piala Dunia 2010.

Catatan ini sebagai modal positif bagi pasukan Der Panzer. Sejarah menunjukkan, Jerman lebih berpeluang memetik kemenangan dalam 16 besar Euro 2020 nanti.

Di samping itu, Jerman mempunyai sederet pemain yang berpotensi membawa tim melangkah lebih jauh setelah terseok-seok pada fase grup. Dari sederet pemain itu, Bundesliga memilih 5 sosok yang dinilai paling berpengaruh terhadap langkah Jerman pada Euro 2020.

Thomas Mueller

Setelah absen 2 tahun, Thomas Mueller yang menyandang status raja assist Bundesliga 2020-2021 kembali dipanggil ke timnas Jerman. Lalu dia mengatakan siap membuat perubahan untuk skuad asuhan Joachim Loew.

Peran penting Mueller pada timnas Jerman tampak lewat torehan 38 gol dari 101 penampilan. Selain itu, beliau mempunyai peran khusus yang mungkin sulit dijalankan pemain lain.

Mantan pelatih Bayern Muenchen dan calon pengganti Joachim Loew pada kursi kepelatihan timnas Jerman, Hansi Flick, pernah mengatakan, tidak ada yang lebih baik dari pada Mueller waktu memainkan peran Raumdeuter atau pada bahasa Indonesia berarti Penafsir Ruang.

Kemampuan Mueller pada menemukan ruang menambah dimensi lain dalam penyerangan Der Panzer.

Selain itu, Mueller juga dinilai mempunyai kualitas kepemimpinan yang tidak perlu diragukan, baik di dalam maupun luar lapangan

Manuel Neuer

Penjaga gawang kerap memegang peranan penting pada kembali kesuksesan sebuah tim. Untuk timnas Jerman, peran itu dipegang oleh Manuel Neuer.

Kehebatan dan peran kiper dengan jumah 43 clean sheet buat timnas Jerman itu telah diakui oleh sang pelatih, Joachim Loew.

“Secara realistis, beliau sudah menjadi salah satu kiper terbaik, atau terbaik pada dunia selama bertahun-tahun,” kata Loew.

Joshua Kimmich Pemain berusia 26 tahun ini disebut bisa beroperasi pada sisi kanan pertahanan dan lini tengah tim yang dia bela.

Kimmich menjalankan ke 2 peran tersebut dengan kualitas yang sama baik. Hansi Flick telah mengakui hal tadi.

“Dia bisa menjadi pemain terbaik dunia. Dia sudah menjadi pemain kelas dunia pada beberapa posisi, namun beliau masih bisa mengambil langkah lain, dan saya harap beliau melakukannya,” ucap Flick.

Serge Gnabry

Hanya Lewandowski (41) dan Mueller (11) yang mencetak lebih banyak gol daripada Gnabry waktu Bayern Muenchen berhasil meraih gelar Bundesliga kesembilan secara beruntun dalam musim 2020-2021.

Hal itu menunjukkan potensi Gnabry yang pada Euro 2020 kerap sebagai andalan lini depan Jerman. Berdasarkan rilis Bundesliga, Gnabry telah mencetak 15 gol dan enam assist pada 20 penampilan bersama Der Panzer.

Mats Hummels

Bek kelahiran Bergisch Gladbach ini sudah mencatatkan 71 caps bersama timnas Jerman. Pengalamannya tidak usah diragukan lagi. Hummels sudah memenangi banyak sekali gelar bergengsi selama kariernya, seperti Piala Dunia, Bundesliga (lima kali), dan Piala DFB.
Pemain yang kini membela Borussia Dortmund itu juga sebagai salah satu bek terbaik dalam Bundesliga trend 2020-2021.

Dia mencatatkan 386 tekel & 168 sundulan, lebih banyak berdasarkan bek tengah lain pada Bundesliga musim lalu.

Kemampuan Hummels dalam duel bola atas akan sebagai kunci pertahanan Jerman. Selain membantu pertahanan, kemampuan Hummels juga bisa menjadi senjata untuk menciptakan serangan balik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here