Mengenal Slipstream, Senjata Maverick Vinales di MotoGP Qatar 2021

0
352
maverick vinales
Sumber foto : (Foto: Yamaha MotoGP)

Ragasportnews.com – MotoGP Qatar 2021 yang berlangsung di sirkuit Losail, Doha pada Senin (29/3/2021) dini hari WIB kemarin menghasilkan Maverick Vinales sebagai juara. Pemain yang dikenal sebagai Rider Monster Energy Yamaha itu berhasil menyabet gelar juara setelah berhasil melakukan teknik slipstream.

Pada start awal, Maverick Vinales mendapatkan posisi ketiga namun sempat turun ke posisi lima ketika memasuki tikungan pertama.

Meskipun sempat mengalami kemrosotan dari posisi tiga ke posisi lima , Maverick Vinales tidak menyerah. Ia terus melajukan motor nya dengan pasti hingga pada putaran ke 15 lajunya semakin berani dengan menyodok beberapa pesaingnya yang pada akhirnya membuatnya memimpin hingga akhir.

Menyusul di belakangnya dalam posisi 10 besar, berturut-turut diisi oleh Johann Zarco, Francesco Bagnaia, Joan Mir, Fabio Quartararo, Alex Rins, Aleix Espargaro, Pol Espargaro, Jack Miller, dan Enea Bastianini.

Maverick Vinales menyatakan bahwa rahasianya dalam memenangkan MotoGP Qatar adalah memaksimalkan slipstream. Hal ini dapat ia lakukan berkat rekan setimnya, Fabio Quartararo.

Ia juga menjelaskan bahwa dengan slipstream dari Quartararo, mereka dapat menutup celah. Hal ini membuatnya tidak mengambil terlalu banyak risiko dan ketika dia dapat melihat kesempatan datang barulah ia melaju kencang.

Mungkin bagi sebagian besar pecinta motogp sudah paham dengan slipstream. Slipstream ini sendiri merupakan teknik yang sudah tidak baru dalam dunia balap. Pada teknik slipstream, pembalap memanfaatkan area dengan tekanan udara lebih rendah di belakang pebalap lain. Itu berarti mengurangi hambatan angin.

Hal ini lah yang dilakukan oleh Maverick Vinales dengan tenang di belakang Fabio Quartararo sejak awal – awal balapan MotoGP Qatar. Untuk dapat menyusul lawannya, Quartararo dengan baik menggiring Maverick Vinaless hingga mampu menyalip dan menghemat ban sehingga dapat mempertahankan posisi nya hingga akhir.

Sumber foto (Foto: Yamaha MotoGP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here